Home » » Mengenali Tentang Penyakit Ginjal

Mengenali Tentang Penyakit Ginjal

Posted by Yuslim Blog on Kamis, 20 Juni 2019

Penyakit GinjalApasih penyakit ginjal itu? penyakit ginjal itu adalah gangguan yang terjadi pada organ ginjal, yaitu dua buah organ berbentuk seperti kacang merah yang berada di kedua sisi tubuh bagian punggung bawah, persisnya di bawah tulang rusuk. Ginjal yang dapat berfungsi dengan baik adalah salah satu syarat memiliki tubuh yang sehat. Ginjal yang rusak bisa memicu perkembangan berbagai penyakit lain dan akan memengaruhi kondisi tubuh secara keseluruhan.

Mengenali Tentang  Penyakit Ginjal



Sebelum kita lanjut ke inti pembahasan kita kita harus mengetahui terlebih dahulu fungsi ginjal itu sendiri apa?  pada tubuh manusia sangat penting ginjal bertugas menyaring limbah-limbah berupa kelebihan garam, urea, limbah nitrogen yang berasal dari proses metabolisme sel, dan juga racun-racun yang mampu membahayakan tubuh. Selain sebagai filter, ginjal juga memiliki fungsi-fungsi lain yang sangat penting, yaitu:

-Menyeimbangkan kadar air di dalam tubuh.
-Mengatur tekanan darah.
-Mengatur produksi sel darah merah.
-Mengatur produksi dan keseimbangan asam basa (pH) di dalam tubuh.
-Masih banyak hal lain yang perlu diperhatikan dan diingat dengan baik, tentang sepasang organ   penting berbentuk kacang dan berukuran sekepalan tangan ini. Berikut adalah fakta penting   mengenai ginjal yang perlu Anda ketahui.

Ketika fungsi ginjal terganggu, zat sisa limbah tubuh dan cairan yang menumpuk di dalam tubuh otomatis akan menyebabkan gejala berupa pembengkakan pada pergelangan kaki, mual, muntah, lemas, dan sesak napas.

Penyakit ginjal dapat dipicu oleh kondisi lainnya, misalnya karena diabetes dan tekanan darah tinggi. Artinya, seseorang berisiko mengalami gangguan ginjal jika mengalami diabetes, tekanan darah tinggi, atau memiliki riwayat penyakit ginjal dalam keluarga.

Jenis Penyakit Ginjal

Mengenali Tentang  Penyakit Ginjal

Adapun berikut ini jenis penyakit ginjal yang umum ditemui, adalah sebagai berikut:

- Penyakit batu ginjal
Penyakit ini disebabkan oleh pengendapan zat-zat dan mineral tertentu di dalam darah yang akhirnya membatu di dalam ginjal. Batu ginjal dapat menyebabkan nyeri yang sangat berat dan jika ukurannya besar, batu tersebut bisa menghambat aliran urine pada sistem saluran kemih.

- Infeksi saluran kemih
Penyakit yang lazim disebut ISK ini disebabkan oleh infeksi bakteri pada sistem saluran kemih.

- Gagal ginjal
Gagal ginjal secara umum dibagi menjadi dua macam, yaitu akut dan kronis. Gagal ginjal akut dapat disebabkan oleh dehidrasi, efek samping obat, atau karena pendarahan sehingga aliran darah menuju ginjal terganggu. Sedangkan gagal ginjal kronis umumnya disebabkan oleh tekanan darah tinggi dan diabetes, yang merupakan kondisi menahun dan lama kelamaan dapat mengganggu kerja ginjal. Penderita gagal ginjal seringkali memerlukan hemodialisis (cuci darah) atau transplantasi ginjal tergantung beratnya kerusakan pada ginjal.

- Penyakit ginjal polikistik
Penyakit ini tergolong dalam jenis penyakit keturunan yang ditandai dengan adanya pertumbuhan kista di dalam ginjal. Penyakit ginjal polikistik bisa mengganggu fungsi ginjal.

- Glomerulonephritis
Kondisi ini diakibatkan oleh peradangan pada glomerulus, yaitu struktur yang berfungsi sebagai penyaring di dalam ginjal. Umumnya disebabkan oleh infeksi, kelainan bawaan sejak lahir, atau obat-obatan. Penyakit autoimun, seperti lupus, juga bisa menyebabkan kondisi ini.

Gejala Penyakit Ginjal

Gejala penyakit ginjal ini tergantung dari jenis penyakitnya apakah penyakit tersebut mengakibatkan penurunan fungsi ginjal?. Beberapa gejala penurunan fungsi ginjal dan gejala penyakit ginjal secara spesifik, antara lain:

- Terjadi pembengkakan di pergelangan kaki dan sekitar mata.
- Mual, muntah, kehilangan nafsu makan, dan penurunan berat badan.
- Volume urine dan frekuensi buang air kecil berkurang.
- Urine berbusa.
- Merasa lelah dan sesak napas.
- Kulit kering dan terasa gatal.
- Terjadi kram otot, terutama di tungkai.
- Susah tidur.
- Tekanan darah tinggi.
- Gangguan irama jantung.
- Penurunan kesadaran.
- Pada gagal ginjal akut dapat terlihat tanda dehidrasi.
- Nyeri punggung bawah dan urine bercampur darah dapat terjadi pada penderita batu ginjal, 
   penyakit ginjal polikistik, dan infeksi ginjal.
- Pada penderita infeksi ginjal dan batu ginjal dapat timbul keluhan demam dan menggigil.

Anak-anak yang mengalami penyakit ginjal akan mudah mengantuk, tidak bertenaga, kehilangan selera nafsu makan, dan pertumbuhannya terhambat.

Bahaya yang Ditimbulkan Akibat Gangguan pada Ginjal


Ginjal yang mengalami gangguan atau rusak akan berujung pada penumpukan cairan, limbah, dan racun di dalam tubuh. Gangguan ini akan menyebabkan timbulnya gejala pembengkakan pada pergelangan kaki, melemahnya kondisi tubuh, susah tidur, sesak napas, muntah-muntah, dan penurunan kesadaran. Jika terlambat dideteksi dan diatasi, ginjal akhirnya bisa berhenti bekerja dan membahayakan hidup penderitanya.

Ketika fungsi ginjal terganggu, kinerja sistem organ lain seperti jantung juga akan terpengaruh. Penelitian juga menunjukkan bahwa gangguan fungsi ginjal dapat menjadi salah satu faktor risiko kematian dini, disabilitas, dan perburukan kondisi kesehatan secara umum.

Demikian info kesehatan ini untuk para pembaca di himbau agar untuk selalu menjaga kesehatan jaga ginjal kita agar tetap sehat khususnya admin blog ini. Semoga blog ini dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian dukung terus  blog ini untuk semakin berkembang dan agar bisa membagikan info info unik maupun kesehatan yang dapat menghibur, menambah pengetahuan kita dan tentunya dapat bermanfaat dengan cara terus kunjungi dan bagikan jika memang artikel-artikel blog ini dapat membantu dan bermanfaat sekian dan terimakasih.


Baca Juga : 

Thanks for reading & sharing Yuslim Blog

Newest
You are reading the newest post

0 komentar:

Posting Komentar