Home » , » Tips Menggunakan Sosial Media dengan Aman

Tips Menggunakan Sosial Media dengan Aman

Posted by Yuslim Blog on Selasa, 04 Juni 2019

 Di jaman sekarang media sosial seperti Twitter, Instagram, facebook dan masih banyak lagi, sudah jadi bagian untuk bersosialisasi. Informasi diri, cerita keseharian kita, hal-hal terbaru, berbagi foto, juga cerita dari teman-teman kita bisa dengan mudah kita dapatkan lewat media sosial. 
Tips Menggunakan Sosial Media dengan Aman


Namun dibalik segala manfaat yang sudah dapat kita nikmati manfaatnya sekarang, orang-orang belum terlalu memperdulikan tentang dampak-dampak negatif yang ada dari sosial media itu sendiri. 
Dampak negatif dari sosial media tersebut bocornya informasi data pribadi kita akibat kurangnya tingkat ke amanan pada akun sosial media kita, kasusnya seperti di bobol oleh para CRACKER tapi banyak orang yang keliru menyebut bahwa akun mereka telah di HACK padahal orang orang salah dalam menanggapi ini pengertian dari Hacker dan Cracker itu sendiri sungguh saling bertentangan

Hacker dan Cracker adalah sikembar yang mempunyai karakter dan kepribadian yang berbeda. Hacker biasanya mempunyai sifat yang positif, kalau Cracker memiliki sifat sebaliknya dari si Hacker. 

Hacker adalah sebutan untuk mereka yang memberikan sumbangan yang bermanfaat kepada jaringan komputer, membuat program kecil dan membagikannya dengan orang-orang di Internet. Hacker disini artinya mencari, mempelajari dan mengubah sesuatu untuk keperluan hobi dan pengembangan dengan mengikuti legalitas yang telah ditentukan oleh developer game. Sedangkan

Cracker adalah sebutan untuk mereka yang masuk ke sistem orang lain dan cracker lebih bersifat destruktif, biasanya di jaringan komputer, mem-bypass password atau lisensi program komputer, secara sengaja melawan keamanan komputer, men-deface (merubah halaman muka web) milik orang lain bahkan hingga men-delete data orang lain, mencuri data dan umumnya melakukan cracking untuk keuntungan sendiri, maksud jahat, atau karena sebab lainnya karena ada tantangan. Beberapa proses pembobolan dilakukan untuk menunjukan kelemahan keamanan sistem. Dan dari kegiatan para cracker inilah muncul cyber crime.

Nah ituh lah perbedaan Hacker dan Cracker, kembali lagi ke topik pembahasan bagaimana cara menggunakan sosial media dengan aman, Berikut ini tips aman menggunakan media sosial: 

Perkuat Password

Tips Menggunakan Sosial Media dengan Aman

Ada salah satu cara untuk meningkatkan perlindungan akun media sosial kita adalah dengan memperkuat password. Kita bisa mengganti kata sandi secara berkala atau menggunakan kombinasi angka atau huruf yang unik dan tidak mudah di tebak. Sebaiknya anda tidak menggunakan sandi yang sama pada setiap media sosial yang kita miliki. Hal ini untuk menghindari peretasan semua akun media sosial kita, jika salah satunya berhasil diretas.

Lindungilah Informasi Pribadi Anda

Tips Menggunakan Sosial Media dengan Aman

Ini sangat penting saat memposting sesuatu kegiatan kita lewat media sosial kita harus ingat bahwa informasi tersebut dapat tersebar dengan luas. Sebaiknya kita tidak sembarangan mengunggah informasi pribadi atau lokasi anda berada, untuk menghindari peretasan yang mengincar data pribadi kita. Alamat lengkap rumah, nomor telepon ada baiknya dan admin saran kan untuk tidak ditampilkan atau di publikasikan. Jika memang penting, maka kita bisa mengatur pengaturan privasi agar hanya teman atau orang-orang yang kita kenal saja yang bisa mengetahuinya.

Selektif Memilih Teman

Tips Menggunakan Sosial Media dengan Aman

Banyak kasus yang membuat seseorang yang harus berurusan dengan hukum akibat unggahnnya di media sosial. Entah itu kata-kata kasar, kemarahan, unggahan yang menyinggung SARA, merusak nama baik orang lain dapat dengan mudah diperkarakan jika kita tidak berhati-hati. Informasi dari media sosial dapat cepat menyebar dan jadi konsumsi publik. Jadi sebaiknya pikirkan dulu dengan baik sebelum kita mengunggah apapun ke media sosial.

Aktifkan keamanan verifikasi dua langkah

Tips Menggunakan Sosial Media dengan Aman

Saat ini sistem keamanan verifikasi dua langkah sudah banyak diterapkan oleh banyak media sosial, seperti Twitter, Facebook, dan Google. Fitur keamanan verifikasi dua langkah akan memverifikasi setiap ada akses login ke akun media sosial anda. Jika fitur ini aktif anda akan mendapatkan notifikasi berupa SMS berisi kode atau tampilan verifikasi berupa pop-up seperti yang dilakukan Google. Kemudian setelah kode yang dikirim dimasukkan, maka proses login akan berjalan.


Nah Berikut adalah pembahasan artikel tentang Tips Menggunakan Sosial Media dengan Aman. oke guys terimakasihh telah mengunjungi blog ini dukung terus blog ini dengan cara selalu mampir dan share ya semoga artikel ini bermanfaat.

Baca Juga

Thanks for reading & sharing Yuslim Blog

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar